PRUCare Advisor
Care Advisor adalah orang yang akan menghubungi Nasabah melalui telepon atau email dalam memberikan panduan di setiap langkah perjalanan medis Nasabah.
Perlu dipahami bahwa penggunaan layanan PRUCare Advisor tidak otomatis menentukan bentuk penjaminan atau perawatan Nasabah.
Fasilitas PRUCare Advisor
Siapa yang berhak mendapatkan layanan PRUCare Advisor?
Layanan PRUCare Advisor tersedia secara eksklusif untuk nasabah Prudential Indonesia yang memiliki manfaat asuransi kesehatan yang masih aktif (Inforce) yakni:
Seiring berjalannya waktu, kami berhak untuk mengubah jenis produk/plan yang dapat menikmati layanan PRUCare Advisor ini. Perubahan, jika ada, akan diinformasikan melalui website resmi Prudential Indonesia.
Daftar Disini
FAQ Terkait PRUCare Advisor
Apa saja cakupan layanan PRUCare Advisor?
Apabila Nasabah memiliki kondisi medis yang serius dan ingin mengetahui lebih jelas terhadap diagnosis atau pilihan rencana perawatan yang telah didapat sebelumnya. PRUCare Advisor akan membantu mendampingi Nasabah dalam mendapatkan opini medis, penjelasan terhadap diagnosa, rekomendasi serta pembuatan janji temu dengan dokter dan rumah sakit yang dituju. Layanan PRUCare Advisor juga menyediakan konsultasi berkelanjutan sampai akhir perawatan.
Siapa penyedia layanan PRUCare Advisor?
Teladoc Health, Inc adalah penyedia layanan PRUCare Advisor. Teladoc Health adalah pemimpin global dalam layanan perawatan virtual di telehealth dengan lebih dari 25 tahun pengalaman melayani jutaan Nasabah di Asia dan seluruh dunia. Layanan ini bukan merupakan produk dan layanan Prudential.
Apa saja syarat untuk bisa mendapatkan layanan PRUCare Advisor?
-
Polis Nasabah dalam keadaan aktif.
-
Nasabah sudah melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter dan sudah didiagnosa dan memerlukan opini medis lain dari dokter yang berbeda.
-
Nasabah sudah melakukan pemeriksaan dan memiliki hasil penunjang medis.
Mengapa PT Prudential Life Assurance menawarkan layanan PRUCare Advisor kepada para nasabah?
Kami memahami bahwa Nasabah yang memiliki kondisi medis yang serius sering merasakan ketidakpastian dan kebimbangan mengenai pilihan pengobatan serta tindakan perawatan terbaik yang harus diputuskan tentang tindakan terbaik yang harus diambil. Melalui layanan ini, Prudential Indonesia ingin membantu para Nasabah dalam mendapatkan opini kedua terhadap kondisi medis yang dihadapi serta memilih perawatan yang terbaik, sehingga Nasabah dapat berdiskusi dengan dokter yang merawat dan mendapatkan dukungan berkelanjutan sepanjang perjalanan medisnya.
Program ini adalah kerjasama Prudential Indonesia dengan pihak penyedia layanan kesehatan dan tidak dapat diartikan bahwa program ini merupakan produk dan layanan dari Prudential Indonesia.
Bagaimana layanan PRUCare Advisor berbeda dari opini medis kedua?
Sebagian besar layanan opini kedua meninjau laporan medis dan informasi untuk memberikan diagnosis independen dan rencana perawatan yang direkomendasikan. Setelah mendapatkan opini kedua, pasien sering kali masih memiliki pertanyaan, serta perlu mencari dokter dan rumah sakit terbaik untuk melaksanakan perawatan tersebut.
PRUCare Advisor tidak hanya memberikan opini kedua namun juga pendampingan selama layanan PRUCare Advisor diberikan. Dengan layanan ini, tim PRUCare Advisor yang dipimpin oleh seorang Care Advisor mendukung Nasabah sepanjang perjalanan medis mereka, mulai dari laporan medis independen dengan opini kedua dari para ahli global, hingga rujukan dan janji temu dokter untuk perawatan yang sesuai, penjelasan kepada Nasabah atas laporan medis yang dikeluarkan, serta tindak lanjut jika diminta.
Apakah Nasabah perlu membayar biaya tambahan untuk menggunakan layanan PRUCare Advisor?
Tidak, Nasabah tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menggunakan layanan PRUCare Advisor.
Bagaimana cara mendaftar layanan PRUCare Advisor?
Nasabah dapat mengunjungi web portal https://prucareadvisor.id.teladochealthasia.com/ atau mengirimkan email ke PRUCareAdvisor@teladochealthasia.com untuk mendaftar layanan PRUCare Advisor (informasi lengkap dapat dilihat di Lampiran II Agency Update ini). Perlu diperhatikan, Polis Nasabah harus dalam keadaan aktif (inforce) pada tanggal pendaftaran.
Setelah Nasabah memenuhi syarat untuk layanan ini dan pendaftaran selesai, Care Advisor kemudian akan menghubungi Nasabah melalui telepon atau email dan memberikan panduan penggunaan layanan PRUCare Advisor di setiap langkah perjalanan medis Nasabah.
Bagaimana Saya bisa menghubungi PRUCare Advisor?
Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai informasi mengenai layanan ini, Nasabah dapat menghubungi PRUCare Advisor melalui hotline +62 21 5099 6667 atau WhatsApp +62 821 2348 5409 Chat only (Senin hingga Minggu, pukul 09.00 hingga 21.00 WIB, kecuali Hari Libur Nasional, layanan customer care tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris).
Apakah saya bisa mendaftar melalui hotline atau WhatsApp PRUCare Advisor?
Sebagai kebijakan keamanan informasi, serta untuk melindungi privasi Nasabah agar data pribadi tidak terekspos, maka pendafataran hanya dapat dilakukan melalui Email atau Web-Portal resmi PRUCare advisor.
Apa saja kondisi medis serius yang memenuhi syarat untuk layanan PRUCare Advisor?
Lihat daftar kondisi medis yang memenuhi syarat di akhir dokumen.
Bagaimana informasi medis dan laporan saya akan diperoleh?
Ketika Anda memilih untuk menggunakan layanan PRUCare Advisor, Anda akan diminta untuk memberikan persetujuan dengan syarat-syarat layanan PRUCare Advisor, serta menyerahkan semua informasi medis dan laporan yang relevan dari dokter yang sedang merawat Anda untuk diagnosis yang ingin Anda dapatkan opini medis keduanya. Persetujuan ini juga akan memungkinkan Teladoc Health untuk memperoleh laporan medis yang kurang dari berbagai sumber.
PT Prudential Life Assurance dan Teladoc Health mengakui pentingnya dan sensitifnya data pribadi tersebut dan hanya akan membagikan informasi yang diperlukan untuk melakukan Analisa kondisi Nasabah secara akurat dan memungkinkan pemberian rekomendasi yang tepat.
Apakah PRUCare Advisor akan merekomendasikan Nasabah untuk melakukan perawatan di rumah sakit dalam negeri atau luar negeri?
Penilaian Teladoc Health terhadap perawatan didasarkan pada kebutuhan medis. Secara umum, Nasabah akan dirujuk untuk mendapatkan perawatan yang tersedia di rumah sakit dalam negeri, tetapi Anda mungkin direkomendasikan untuk mendapatkan konsultasi atau perawatan di luar negeri dalam kasus-kasus langka di mana tidak ada keahlian dan teknologi yang mendukung di rumah sakit dalam negeri.
Harap dicatat bahwa tidak semua rencana perawatan yang direkomendasikan oleh PRUCare Advisor dapat ditanggung oleh Polis atau kartu asuransi kesehatan Anda dengan PT Prudential Life Assurance Nasabah disarankan untuk mengkonfirmasi cakupan polis Anda dengan PT Prudential Life Assurance sebelum menjalani perawatan tersebut.
Bagaimana jika ada perbedaan rekomendasi perawatan dari dokter yang merawat dengan dengan rekomendasi perawatan dari Teladoc Health?
Dalam situasi seperti itu, dengan izin Nasabah, Teladoc Health akan mendiskusikan kasus Nasabah dengan dokter yang merawat dan secara kolektif menyetujui tindakan terbaik untuk Nasabah. Namun, keputusan tentang bagaimana melanjutkan rencana perawatan yang disarankan tetap ada pada Nasabah.
Teladoc Health tidak merawat pasien secara langsung maupun meresepkan obat. Pasien membuat keputusan perawatan dengan berkonsultasi dengan dokter yang merawat. Dengan demikian, Teladoc Health tidak bertanggung jawab atas rekomendasi obat yang salah atau malpraktik medis.
PT Prudential Life Assurance tidak terlibat dalam rekomendasi yang diberikan. Tujuannya adalah agar Teladoc Health memberikan opini yang independen dan netral.
Jika saya setuju mengikuti rekomendasi Teladoc. Apakah Teladoc akan membuatkan appointment bertemu dokter? Jika iya berapa lama saya akan mendapat konfirmasi?
Ya, Anda akan dibuatkan janji temu dengan dokter selambat-lambatnya 2-3 hari kalender.
Siapa saja yang dapat melakukan pendaftaran layanan PRUCare Advisor?
Selain Nasabah, Pendaftaran layanan PRUCare Advisor dilakukan oleh Pemegang Polis. Namun jika karena satu dan lain hal berhalangan, pendaftaran dapat diwakilkan oleh keluarga/kerabat terdekat.
Apa saja syarat untuk bisa mendapatkan layanan PRUCare Advisor?
- Nasabah sudah melakukan konsultasi kesehatan sebelumnya dengan dokter dan sudah diberikan diagnosa, namun memerlukan opini medis lain dari dokter yang berbeda.
- Nasabah sudah melakukan pemeriksaan dan memiliki hasil penunjang medis.
- Polis Asuransi Kesehatan atau Asuransi Tambahan Kesehatan Nasabah dalam keadaan aktif (inforce).
Berapa lama Nasabah akan dihubungi atau mendapatkan laporan PRUCare Advisor sejak melakukan pendaftaran?
Nasabah akan dihubungi oleh Care Advisor dalam waktu 1x24 jam (kecuali hari libur Nasional) untuk mendapatkan konfirmasi pendaftaran dan informasi mengenai riwayat medis sebelumnya, dan selambatnya 10 hari kerja untuk mendapatkan penjelasan laporan PRUCare Advisor setelah menerima semua informasi yang dibutuhkan.
Jika Nasabah setujui mengikuti rekomendasi PRUCare Advisor. Apakah PRUCare Advisor akan membuatkan appointment bertemu dokter? Jika iya berapa lama Nasabah akan mendapat konfirmasi?
Ya, Care Advisor akan membuatkan janji temu antara Nasabah dengan dokter yang direkomendasikan. Care Advisor akan melakukan konfirmasi ke Nasabah dalam 2-3 hari kalender sejak Nasabah setuju mengikuti rekomendasi dokter dari PRUCare Advisor.
Apakah layanan PRUCare Advisor dapat digunakan Nasabah jika belum ada diagnosa tegak atau belum ada konsultasi dengan dokter sebelumnya?
Tidak, Nasabah harus melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter terlebih dahulu dan sudah diberikan diagnosa atas kondisi kesehatan tertanggung.
Apakah data/informasi medis yang Nasabah berikan ke PRUCare Advisor akan dibagikan juga ke Perusahaan, termasuk dalam hal Nasabah tidak mengikuti rekomendasi yang disarankan oleh PRUCare Advisor, apakah data medis saya juga akan dibagikan ke Prudential?
Ya, PRUCare Advisor akan memberikan data/informasi medis yang diterima dari Nasabah kepada Prudential.
Apakah informasi medis yang diterima PRUCare Advisor akan mempengaruhi keputusan atas Polis Nasabah (keputusan claim atau underwriting sebelumnya)?
Ya, Data/Infomasi medis yang diterima dari PRUCare Advisor dapat Perusahaan gunakan sebagai salah satu pendukung dalam proses pengajuan klaim, pengajuan SPAJ/Perubahan Polis/Pemulihan Polis.
Dokumen apa yang perlu dibawa pada saat Nasabah menemui dokter rekomendasi dari PRUCare Advisor?
Laporan PRUCare Advisor.
Apakah saya dapat memilih jadwal pertemuan dengan dokter rekomendasi dari PRUCare Advisor? Dan apakah saya dapat merubah jadwal pertemuan dengan dokter rekomendasi dari PRUCare Advisor yang sudah dibuat? Bagaimana mekanisme nya?
Ya, Nasabah dapat memilih dan merubah jadwal pertemuan sesuai dengan kesediaan waktu Nasabah. Apabila Nasabah ingin merubah jadwal, Nasabah dapat menghubungi PRUCare Advisor melalui email PRUCareAdvisor@teladochealthasia.com
Apakah biaya konsultasi rawat jalan yang timbul ketika mengikuti rekomendasi dari PRUCare Advisor dapat dijaminkan dengan metode cashless?
Tidak, biaya yang timbul untuk rawat jalan akan dibebankan kepada Nasabah.
Apakah terdapat jumlah maksimum dalam menggunakan layanan PRUCare Advisor?
Tidak ada jumlah maksimum kasus yang dapat Nasabah diajukan di layanan PRUCare Advisor.
Informasi Lainnya
Kondisi Medis yang Memenuhi Syarat untuk Layanan PRUCare Advisor
-
Kanker
-
Penyakit neurologis
-
Penyakit telinga, hidung, dan tenggorokan (THT)
-
Penyakit mata/kondisi oftalmologi
-
Penyakit kardiovaskular
-
Penyakit pernapasan
-
Penyakit gastroenterologis
-
Penyakit hati
-
Penyakit ginjal
-
Kondisi urologis
-
Penyakit endokrin
-
Kondisi ortopedi
-
Penyakit hematologis
-
Penyakit metabolik
-
Penyakit reumatologi/imunologi
-
Penyakit infeksi, termasuk HIV/AIDS
-
Bedah kosmetik yang diperlukan secara medis
-
Kondisi atau prosedur terkait kesuburan
-
Kondisi obstetrik
-
Penyakit seksual/penyakit menular seksual
-
Kondisi pediatrik
-
Obesitas
-
Fase pemulihan/rehabilitasi untuk stroke
-
Fase pemulihan/rehabilitasi untuk luka bakar parah
-
Kondisi medis di bidang kedokteran gigi
-
Patologi gabungan
-
Semua kondisi medis selain yang tercantum dalam Daftar Pengecualian di bawah ini.
Kondisi Medis yang Dikecualikan
Individu yang memenuhi syarat dan didiagnosis dengan salah satu kondisi berikut tidak memenuhi syarat untuk Layanan:
-
Darurat medis
-
Kecelakaan
-
Situasi mendesak atau mengancam jiwa, seperti masuk ICU
-
Masalah sehari-hari atau umum, seperti pilek, flu, demam, ruam sesekali, dan kondisi medis sehari-hari atau umum lainnya
-
Manajemen penyakit kronis jangka panjang seperti hepatitis kronis, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit kronis jangka panjang lainnya. (namun, komplikasi dari penyakit kronis akan dicakup) atau
-
Kondisi kesehatan mental seperti anoreksia/bulimia, gangguan tidur terkait kesehatan mental, kecemasan, depresi, dan kondisi Kesehatan mental lainnya.
Catatan:
Untuk memenuhi syarat layanan, Individu yang Memenuhi Syarat harus memiliki riwayat pertanyaan medis dan konsultasi dengan setidaknya satu praktisi medis, dengan diagnosis sebelumnya, di bidang yang terkait dengan masalah medis.
Namun, perlu dicatat bahwa setiap tes kesehatan, perawatan, prosedur, perangkat, atau obat yang direkomendasikan sebagai bagian dari layanan PRUCare Advisor, akan mengikuti dengan batas manfaat keseluruhan yang tercantum pada Polis Kesehatan yang dimiliki oleh Nasabah dan dapat dikenakan biaya tambahan jika melebihi limit pertanggungan atau tidak ditanggung oleh Polis Kesehatan Nasabah.