Kewajiban nasabah

Bijak Berasuransi dengan Memahami Kewajiban Sebagai Seorang Nasabah

Apakah Anda sudah memiliki produk asuransi? Jika sudah, maka Anda telah memiliki proteksi terhadap risiko finansial untuk melindungi ketahanan finansial pribadi maupun keluarga di masa kini dan masa depan. Selanjutnya, apakah Anda sudah memahami kewajiban Anda sebagai nasabah guna mendapatkan manfaat yang optimal?

Perlu dipahami bahwa layanan asuransi dibangun atas dasar perjanjian dengan asas itikad baik (utmost good faith) yang sifatnya bersyarat, mengikat, dan memiliki sifat timbal balik antara pihak tertanggung (nasabah) dan pihak penanggung (perusahaan asuransi). Oleh karena itu, nasabah harus bijak dalam memahami hak, tanggung jawab dan kooperatif dalam menjalankan aturan sesuai dengan regulasi maupun ketentuan polis yang disepakati.

Apa saja kewajiban seorang nasabah dalam berasuransi? Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  • Memahami produk dan layanan

Setelah mendapatkan informasi lengkap dari tenaga pemasar asuransi, sebagai nasabah, Anda bertanggung jawab untuk mencermati dan memahami seluruh informasi terkait produk dan layanan, termasuk syarat dan ketentuan polis, layanan yang diajukan, hingga membandingkan produk dan detailnya. Pelajari semua itu, jika diperlukan, lakukan konsultasi lanjutan dengan tenaga pemasar.

Selanjutnya, pastikan kredensial dari tenaga pemasar yang membantu Anda dalam proses pembelian polis. Perusahaan asuransi yang baik dan terpercaya tentunya memiliki  kontak resmi yang bisa dihubungi untuk memudahkan nasabah mengajukan pertanyaan terkait polis, pembelian produk hingga pengaduan. Prudential Indonesia berkomitmen melayani nasabah/calon nasabah dengan sepenuh hati untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui link ini.

  • Memastikan produk dan layanan yang dipilih sesuai dengan tujuan, kebutuhan, kondisi keuangan dan profil risiko

Saat proses pembelian produk asuransi, Anda perlu memastikan kembali apakah produk dan layanan sesuai dengan tujuan, kebutuhan, kondisi keuangan dan profil risiko. Tenaga pemasar hadir membantu calon nasabah untuk mendapatkan solusi proteksi yang sesuai keempat hal di atas. 

Memahami kebutuhan tersebut, Prudential Indonesia sebagai salah satu dalam industri asuransi di Indonesia memastikan kualitas seluruh tenaga pemasarnya dengan rutin menggelar pelatihan profesional secara berkala. Komitmen ini bahkan berhasil menempatkan Prudential Indonesia di , yang merupakan kualifikasi bergengsi bagi pelaku industri asuransi jiwa.

Sebagai calon nasabah, jangan pernah ragu untuk bertanya secara detail kepada tenaga pemasar mengenai fitur produk, manfaat yang diterima, rincian biaya yang timbul, risiko produk, pengecualian atas manfaat tertentu, hingga jangka waktu premi yang harus Anda bayarkan untuk memastikan bahwa Anda telah memahami produk yang dipilih. 

  • Memastikan kelengkapan data pribadi dan riwayat kesehatan

Sebagai nasabah, Anda wajib memberikan informasi data pribadi terkini secara lengkap, akurat, dan jujur. Selain itu, Anda juga perlu memperbarui informasi secara berkala terutama jika terdapat perubahan informasi agar produk atau layanan asuransi dapat memberikan manfaat optimal di setiap masa, sekaligus menghindari terjadinya risiko tidak mengungkapkan informasi kesehatan yang sebenarnya dan lengkap (non-disclosure) yang dapat menghambat manfaat optimal asuransi dan dapat menyebabkan proses klaim yang lebih panjang.

Ketika Anda baru pertama kali membeli produk asuransi, pastikan semua kolom pertanyaan yang terdapat dalam formulir aplikasi dan dokumen telah diisi dengan lengkap, benar dan akurat. Jangan khawatir akan keamanan data Anda, karena perusahaan asuransi yang terpercaya pastinya akan melindungi dan mengelola data pribadi Anda sesuai persetujuan yang telah Anda berikan dengan penuh kehati-hatian dan tanggung jawab.

  • Menjaga keamanan data pribadi dan data finansial

Sebagai nasabah Anda berkewajiban untuk secara aktif mengelola dan menjaga kerahasiaan data pribadi Anda. Jangan pernah memberikan data pribadi kepada pihak lain yang tidak Anda kenal dan mengaku sebagai perwakilan dari perusahaan. Pastikan Anda hanya mengakses tautan ataupun dokumen yang dikirimkan secara resmi oleh perusahaan asuransi. Untuk menjaga profesionalisme tenaga pemasar, Prudential Indonesia juga senantiasa memastikan tenaga pemasar dapat menjaga kerahasiaan data pribadi nasabahnya.

Jangan pernah memberikan informasi terkait pembayaran premi seperti nomor rekening, kode akses, instrumen pembayaran atau informasi sensitif lainnya kepada siapapun termasuk tenaga pemasar Anda. Pastikan Anda memiliki dan menyimpan bukti tertulis atas segala transaksi yang Anda lakukan. Jangan segan-segan untuk melapor ke perusahaan asuransi apabila Anda menemukan transaksi yang tidak sah terkait dengan polis Anda.

  • Mengevaluasi secara berkala polis Anda dan memastikan polis Anda tetap aktif untuk perlindungan yang optimal

Seiring perubahan yang terjadi disetiap jenjang kehidupan, Anda berkewajiban melakukan evaluasi pribadi atas polis asuransi yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan dan perubahan yang terjadi. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda pada berbagai fase kehidupan, misalnya kebutuhan pada saat lajang tentunya berbeda dengan orang yang sudah menikah atau bahkan setelah memiliki anak. Hubungi Tenaga Pemasar Anda ataupun walk-in Customer Service di kantor pusat Prudential Indonesia untuk berkonsultasi dalam mengevaluasi polis Anda.

Terkait kewajiban rutin yang harus dilakukan agar Polis tetap aktif sehingga Anda dapat menikmati proteksi dan manfaat asuransi, pastikan Anda membayar kewajiban premi secara langsung tanpa perantara. Hal ini juga untuk menghindari penyalahgunaan kuasa pembayaran premi dan risiko digunakannya rekening Anda tanpa izin.

Untuk memudahkan pembayaran premi, Anda bisa memanfaatkan layanan pembayaran autodebit yang disediakan oleh Prudential Indonesia melalui link PRUPayLink ataupun PRUServices di PULSE.

  • Menggunakan produk dan layanan

Perusahaan asuransi telah merancang produk dan layanan untuk dapat melayani nasabahnya dengan maksimal, dan dalam praktiknya, Anda juga berperan untuk mendukung Perusahaan asuransi untuk memberikan pelayanan terbaik.

Pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan dalam polis Anda termasuk pengecualian yang ada, sehingga polis Anda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dan Anda bisa mendapatkan perlindungan yang optimal.

Oleh karenanya, ketika Anda akan membeli produk asuransi dan diminta untuk mengisi kelengkapan data artinya termasuk data riwayat kesehatan atau penyakit, pastikan Anda sudah menginformasikan semua data dengan lengkap dan benar dan jangan pernah menyembunyikan riwayat kesehatan atau penyakit Anda, agar tidak menjadi kendala saat pemrosesan klaim. Karena apabila saat pemrosesan klaim ditemukan data pre-existing condition dan/atau non-disclosure, maka perlu dilakukan proses Peninjauan Polis terlebih dahulu yang mengakibatkan proses klaim menjadi lebih panjang.

  • Berkomunikasi dengan santun

Prudential Indonesia senantiasa berkomitmen untuk selalu mendengarkan masukan dan keluhan nasabah. Tentunya dalam menyampaikan masukan dan keluhan, Anda diharapkan bisa menyampaikan secara santun dengan prinsip saling menghargai antara perusahaan dan nasabah. Setiap keluhan akan dikelola dengan adil dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam polis nasabah.

  • Memahami prosedur pengajuan klaim dan penyampaian laporan pengaduan

Sebagai pemilik polis asuransi jiwa atau kesehatan, Anda perlu memahami prosedur pengajuan klaim ke perusahaan asuransi. Hal ini demi menghindari penolakan klaim oleh perusahaan asuransi. Penolakan klaim ini dapat terjadi karena kurangnya pemahaman akan polis yang dimiliki dan juga prosedur pengajuan klaim seperti kelengkapan dokumen yang diperlukan. Oleh karenanya ketika akan membeli produk asuransi calon nasabah wajib mempelajari produk asuransi yang akan dibeli, serta memahami isi polis termasuk prosedur pengajuan klaim sehingga saat pengajuan klaim bisa berjalan lancar sesuai syarat dan ketentuan. 

Selain itu, dalam mengajukan klaim atau menyampaikan laporan pengaduan, Anda wajib menyertakan dokumen pendukung yang dapat membantu perusahaan asuransi dalam memproses klaim atau menangani keluhan Anda. Dokumen-dokumen yang Anda sampaikan menjadi bukti bagi perusahaan asuransi dalam memverifikasi dan memvalidasi pengajuan klaim atau keluhan yang Anda sampaikan. 

  • Melaporkan kegiatan atau transaksi tidak resmi

Ketika Anda menemukan keganjilan atas kegiatan atau transaksi yang tidak resmi, jangan segan-segan untuk segera melaporkan kepada perusahaan asuransi agar segera ditindaklanjuti. Hal ini guna memastikan segala kegiatan operasional dan bisnis yang Prudential Indonesia lakukan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik dan juga peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk mewujudkan perlindungan optimal bagi Anda secara berkelanjutan di masa kini dan masa depan. 

 

Ketika seorang nasabah memutuskan untuk membeli produk asuransi, adalah penting bagi nasabah untuk bersikap bijak dalam memahami kewajiban dan hak-hak yang diperolehnya demi menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Dalam hal ini, Prudential Indonesia merupakan pilihan solusi perlindungan asuransi yang komprehensif. Fokus melindungi keluarga di Indonesia selama 27 tahun terakhir, Prudential Indonesia konsisten memberikan pelayanan sepenuh hati dengan memenuhi hak-hak bagi nasabah yang juga bijak memenuhi kewajibannya. Dengan komitmen tersebut, Prudential Indonesia pun menjadi asuransi terpercaya untuk mengiringi nasabah YakinMelangkah menuju masa depan yang lebih sehat dan sejahtera.