
Tetap Terlindungi dengan Penyesuaian Biaya Asuransi PRUWell Health
Daftar Isi:
Memastikan Pelayanan yang Optimal
PT Prudential Life Assurance (“Prudential Indonesia”) terus bekerja sama dengan penyedia fasilitas dan jasa kesehatan untuk senantiasa memberikan pelayanan optimal, perawatan kesehatan berkualitas dan menjaga biaya medis pada tingkat kewajaran berdasarkan diagnosa, perawatan dan pelayanan yang disediakan.
Peninjauan Berkala
Secara berkala Prudential Indonesia melakukan peninjauan biaya perawatan medis, berdasarkan biaya medis tahunan serta pengalaman portofolio klaim medis Nasabah secara kolektif maupun individual per Nasabah. Berdasarkan hasil peninjauan tersebut, Prudential Indonesia dengan ini menginformasikan adanya penyesuaian Biaya Asuransi Tambahan PRUWell Health.
Penyesuaian Biaya Asuransi
Penyesuaian Biaya Asuransi untuk Asuransi Tambahan PRUWell Health dilakukan sesuai dengan Usia Tertanggung, Multiplier*, PRUWell (jika ada) dan kondisi Tertanggung yang akan diinformasikan oleh Prudential Indonesia kepada masing-masing Nasabah melalui Surat Penyesuaian Biaya Asuransi yang akan dikirimkan mulai tanggal 12 Februari 2025 dan akan berlaku pada tanggal efektif penyesuaian Biaya Asuransi sesuai dengan Ulang Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan Kesehatan PRUWell Health masing-masing Nasabah.
Kenaikan Biaya Asuransi Asuransi Tambahan Kesehatan PRUWell Health tersebut berlaku bagi Nasabah yang memiliki Asuransi Tambahan Kesehatan PRUWell Health pada Produk Dasar Asuransi Yang Dikaitkan Investasi (PAYDI).
Pemegang Polis diharapkan selalu membayar Premi secara berkala dan memperhatikan kecukupan Nilai Tunai untuk pembebanan Biaya Asuransi agar Polis tetap aktif dan perlindungan tetap berlangsung.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Tenaga Pemasar Nasabah atau Prudential Indonesia Customer Line 1500085 atau email ke customer.idn@prudential.co.id.
*Mohon mengacu ke FAQ terlampir untuk penjelasan mengenai Multiplier.
FAQ Penyesuaian Biaya Asuransi PRUWell Health
Apa yang dimaksud dengan Periode Pengamatan?
Periode Pengamatan adalah suatu periode selama 12 (dua belas) bulan dimana Prudential Indonesia akan meninjau klaim Tertanggung, yang mana terhadap hasil peninjauan tersebut dapat ditentukan besar Multiplier dan PRUWell (jika ada) yang akan dikenakan kepada Biaya Asuransi untuk Asuransi Tambahan PRUWell Health, yang:
-
Dimulai dari tanggal yang sama di 2 (dua) bulan sebelumnya dari tanggal awal Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health;
-
Hingga 1 (satu) hari kalender sebelum tanggal yang sama di 10 (sepuluh) bulan selanjutnya dari tanggal awal Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health.
Apa yang dimaksud dengan Multiplier pada Asuransi Tambahan PRUWell Health?
Multiplier merupakan suatu pengali Biaya Asuransi untuk Asuransi Tambahan PRUWell Health yang dikenakan setiap tahunnya pada suatu Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health, yang ditentukan berdasarkan:
-
riwayat klaim Manfaat Asuransi yang disetujui oleh Penanggung yang terjadi pada Periode Pengamatan terakhir; dan
-
status Rumah Sakit atau Klinik dimana perawatan dan/atau pengobatan atas diri Tertanggung sebagai pasien dilakukan.
Besaran Multiplier (faktor pengali) adalah sebagai berikut:
Syarat |
Multiplier |
|
Usia* ≤ 58 Tahun |
Usia* > 58 Tahun |
|
Tidak terdapat klaim atau ada perawatan/pengobatan manfaat PRUWell Health yang disetujui Prudential Indonesia di Klinik/Rumah Sakit PRUPriority Hospitals |
1 |
|
Terdapat klaim, perawatan atau pengobatan yang disetujui Prudential Indonesia bukan di Klinik/Rumah Sakit PRUPriority Hospitals |
2 |
1,5 |
*merupakan Usia Tertanggung pada saat perpanjangan pertanggungan terakhir (Ulang Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health)
Apa yang dimaksud dengan PRUWell?
PRUWell adalah reward yang diberikan oleh Prudential Indonesia yang dapat dikenakan setiap tahunnya kepada Biaya Asuransi Tambahan PRUWell Health pada suatu Tahun Pertanggungan jika memenuhi syarat-syarat:
-
besar Multiplier pada Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health sebelumnya adalah sebesar 1 (satu);
-
tidak terdapat klaim Manfaat Asuransi yang disetujui oleh Penanggung pada Periode Pengamatan terakhir; dan
-
Polis atau Asuransi Tambahan PRUWell Health tidak pernah berakhir karena lewat waktu atau lapsed dalam Periode Pengamatan terakhir.
Apabila Polis Nasabah memenuhi seluruh syarat-syarat di atas dalam beberapa Periode Pengamatan berturut-turut, PRUWell dapat memberikan keringanan Biaya Asuransi yang lebih rendah hingga 20%.
Apakah jumlah PRUWell yang diterima akan diakumulasikan untuk Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health berikutnya?
Dalam hal Polis memenuhi seluruh syarat-syarat yang ditentukan di poin 3 dalam beberapa Periode Pengamatan secara berturut-turut, maka besar PRUWell pada suatu Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health berjalan, sebagai berikut:
Memenuhi seluruh syarat (x) Periode Pengamatan secara berturut- turut |
PRUWell |
|
(x) |
Tidak Memilih PRUWell Saver* |
Memilih PRUWell Saver* |
1 |
5% |
10% |
2 |
10% |
15% |
≥ 3 |
15% |
20% |
*PRUWell Saver adalah setiap biaya Rawat Inap yang muncul atas diri Tertanggung yang akan ditanggung sendiri oleh Pemegang Polis hingga jumlah tertentu sebelum Manfaat Asuransi Tambahan PRUWell Health dapat dibayarkan oleh Prudential Indonesia.
Berapa besarnya Biaya Asuransi setelah dikenakan Multiplier & PRUWell untuk Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health?
Besarnya Biaya Asuransi untuk suatu Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health yang dikenakan oleh Prudential Indonesia ditentukan berdasarkan Usia Nasabah, Multiplier, dan PRUWell (jika ada) sesuai dengan perhitungan sebagai berikut:
Biaya Asuransi PRUWell Health
B |
= |
Bt x Multiplier x (1 – PRUWell) |
Keterangan: |
||
t |
= |
Usia Tertanggung pada suatu Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health |
B |
= |
Biaya Asuransi untuk Asuransi Tambahan PRUWell Health yang dikenakan oleh Prudential Indonesia pada suatu Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health |
Bt |
= |
Biaya Pokok Asuransi untuk Asuransi Tambahan PRUWell Health untuk Tertanggung yang memiliki Usia t pada suatu Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health. |
Apabila Usia Tertanggung mengalami kenaikan dalam suatu Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health, maka besarnya Biaya Pokok Asuransi untuk Asuransi Tambahan PRUWell Health akan disesuaikan berdasarkan kenaikan Usia Tertanggung tersebut. |
Bagaimana ilustrasi perhitungan Biaya Asuransi saat Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health?
Berikut ilustrasi perhitungan Biaya Asuransi Tambahan PRUWell Health:
Apakah jika besarnya Multiplier yang diterima adalah 2 dan terjadi kenaikan Biaya Asuransi Tambahan PRUWell Health akan berdampak terhadap keberlangsungan Polis?
Mengacu pada ketentuan Polis, dalam hal terdapat kenaikan Biaya Asuransi untuk Asuransi Tambahan PRUWell Health yang diakibatkan oleh perubahan Biaya Pokok Asuransi untuk Asuransi Tambahan PRUWell Health, Multiplier, dan/atau PRUWell maka Prudential Indonesia dapat meminta kepada Pemegang Polis untuk melakukan pembayaran Premi Top-up Tunggal untuk menjaga keberlangsungan Polis.
Kapan Surat Penyesuaian Biaya Asuransi akan dikirimkan serta kapan jadwal efektif untuk pemotongan Biaya Asuransi yang baru?
Surat Penyesuaian Biaya Asuransi PRUWell Health terkait dengan Multiplier & PRUWell akan dikirimkan ke Nasabah mulai dari tanggal 12 Februari 2025 (paling cepat 2 bulan sebelum Ulang Tahun Pertanggung Asuransi Tambahan PRUWell Health) dan akan berlaku pada tanggal efektif penyesuaian Biaya Asuransi sesuai dengan Ulang Tahun Pertanggungan Asuransi Tambahan PRUWell Health untuk masing-masing Polis.
Apa inisiatif yang dilakukan oleh Prudential Indonesia untuk menangani biaya klaim?
Prudential Indonesia secara terus menerus melakukan upaya-upaya di internal untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi operasional kami dengan mengoptimalkan dan mengotomatiskan operasi seperti dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI), untuk menyederhanakan proses dan agar management klaim dapat dilakukan dengan lebih efisien, cepat dan akurat.
Selain itu, Prudential Indonesia terus berkoordinasi secara intensif dengan berbagai pihak, termasuk penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit untuk mengendalikan inflasi kesehatan dan meminimalisir adanya over treatment yang dilakukan di rumah sakit sehingga menyebabkan biaya klaim meningkat. Salah satunya dengan menghadirkan jaringan PRUPriority Hospitals.
Apa yang dimaksud dengan PRUPriority Hospitals?
PRUPriority Hospitals adalah suatu kelompok Rumah Sakit atau Klinik yang terdaftar secara khusus pada Prudential Indonesia yang ditinjau secara berkala dari waktu ke waktu berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh Prudential Indonesia. PRUPriority Hospitals memberikan serangkaian layanan non-tunai (cashless) dengan nilai lebih kepada Nasabah berupa percepatan proses persetujuan klaim, transparansi jalur klinis, dan transparansi biaya untuk kualitas proteksi bagi masing-masing Tertanggung sejak awal rawat inap hingga proses pulang.
Apakah rekanan Rumah Sakit dari Prudential Indonesia semuanya termasuk PRUPriority Hospitals?
Rekanan Rumah Sakit dari Prudential Indonesia semuanya termasuk PRUPriority Hospitals, daftar Rumah Sakit yang termasuk PRUPriority Hospitals akan diperbarui dari waktu ke waktu yang dapat dilihat secara berkala pada tautan berikut: https://bit.ly/PMN-RSRekanan. PRUPriority Hospitals dikategorikan dalam beberapa bagian sebagai berikut:
-
Cashless – Tanpa Persetujuan Akhir
-
Cashless – Dengan Persetujuan Akhir
-
Reimbursement