Prudential Indonesia dan UOB Indonesia Hadirkan PRUIncome Protection, Produk Asuransi Jiwa dengan Premi Terjangkau dan Proses Mudah

  1. Prudential Indonesia dan UOB Indonesia mendengarkan aspirasi anak muda yang ingin lebih fokus membangun masa depan dengan kemandirian finansial.
  2. PRUIncome Protection dinilai cocok untuk anak muda yang menjadi tulang punggung (breadwinner) atau generasi sandwich di keluarga, tidak hanya memberikan penggantian pendapatan bagi keluarga tiap bulan selama 2 tahun apabila tertanggung meninggal dunia, tapi juga memberikan kepastian pengembalian premi di akhir kepesertaan.

Jakarta, 17 Januari 2025 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) memperkuat komitmen untuk memberikan perlindungan keluarga Indonesia dengan meluncurkan PRUIncome Protection, produk asuransi jiwa tradisional dengan premi terjangkau dan proses yang mudah. Produk ini dirancang berdasarkan riset yang kami lakukan kepada para Nasabah yang datang dari para generasi muda, sebagai bentuk komitmen Prudential Indonesia untuk selalu mendengarkan apa yang Nasabah butuhkan. Dari hasil riset yang dilakukan, ditemukan bahwa sebagian besar responden yang berasal dari generasi millenials dan Gen Z sudah mulai memprioritaskan hal terbaik untuk keluarga, namun masih mengharapkan yang terbaik untuk diri sendiri atau “what’s best for me” dalam hal mencari manfaat perlindungan dan produk asuransi sebagai investasi terhadap diri sendiri.

Saat ini, banyak anak muda Indonesia yang masih mengalami berbagai tantangan finansial, termasuk mereka yang menjadi tulang punggung keluarga (breadwinner) atau menanggung satu dan bahkan dua generasi (generasi sandwich). Riset Asian Development Bank (ADB) yang dirilis pada Mei 2024 menyebutkan, sebanyak 50% lansia di Indonesia masih bergantung pada anggota keluarganya, terutama anaknya, untuk kelangsungan hidupnya. Data yang serupa juga ditemukan pada laporan Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, di mana 44,6% masyarakat Indonesia memiliki ketergantungan terhadap usia produktif. Selain itu, berdasarkan consumer research yang Prudential Indonesia lakukan tahun 2023, dilaporkan bahwa sekitar 70% konsumen Indonesia dengan usia produktif (25-45 tahun) tidak memiliki atau belum mempersiapkan proteksi sebagai safety net untuk pendapatan mereka.

Lebih jauh, jumlah kelas menengah di Indonesia menurun menjadi 47,85 juta jiwa pada tahun 2024 (turun 9,48% dibandingkan 2019). Dari total kelas menengah ini, hampir setengahnya merupakan milenial dan gen Z, masing-masing sebesar 24,6% dan 24,12%. Hal ini membuat kondisi ketahanan finansial anak muda di Indonesia yang semakin sulit, termasuk mereka yang merupakan generasi sandwich. Kondisi ini memberikan risiko yang cukup tinggi, dimana apabila sang tulang punggung keluarga jatuh sakit atau meninggal dunia, maka akan sangat berpengaruh pada kondisi finansial dan kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.

Dengan fakta ini, generasi muda sekarang sudah mengerti akan pentingnya mempersiapkan dana darurat / emergency fund sedini mungkin, dimana 82% dari mereka sudah melakukan hal tersebut, dan 65% dari mereka sudah mengalokasikan dana bulanan untuk simpanan hari tua.

PRUIncome Protection hadir sebagai solusi untuk memberikan perlindungan optimal bagi anak muda, khususnya mereka yang menjadi tulang punggung (breadwinner) keluarga. Dengan premi per bulan yang relatif lebih terjangkau, PRUIncome Protection menawarkan berbagai manfaat.

Salah satunya adalah manfaat meninggal dunia, yang akan dibayarkan setiap bulan selama 24 bulan (2 tahun) sebagai pengganti pendapatan rutin bagi keluarga yang ditinggalkan. Dengan pilihan premi yang variatif mulai dari Rp300rb/bulan hingga Rp2 juta/bulan, produk ini menawarkan pilihan penggantian pendapatan yang fleksibel hingga Rp42 juta/bulan selama 2 tahun, untuk membantu memenuhi kebutuhan utama keluarga yang ditinggalkan. Apabila Nasabah masih hidup hingga akhir masa pertanggungan, maka seluruh premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada Nasabah.

Ivy Widjaja, Chief Partnership Distribution Prudential Indonesia mengatakan, “Prudential Indonesia selalu berusaha untuk memahami apa yang menjadi kebutuhan dan tantangan bagi para Nasabah kami, termasuk anak muda. Melihat bahwa anak muda Indonesia saat ini dihadapkan dengan tantangan finansial, kami bersama UOB Indonesia berinisiatif menghadirkan PRUIncome Protection, sebuah inovasi untuk menjawab kebutuhan Nasabah akan perlindungan yang lebih komprehensif dengan harga premi yang terjangkau. Hanya dengan membayar premi selama 8 tahun, Nasabah dapat menikmati pertanggungan selama 12 tahun. Inovasi ini merupakan upaya kami untuk selalu hadir mendampingi generasi kini dan nanti, sama seperti kami mendampingi generasi sebelumnya.”

UOB Indonesia menyambut baik sinergi ini karena sejalan dengan kepedulian perusahaan akan perlindungan finansial generasi muda, salah satunya melalui produk asuransi perlindungan jiwa dari Prudential Indonesia. Bea Teh Tan, Consumer Banking Director UOB Indonesia mengungkapkan, “Peluncuran produk PRUIncome Protection menegaskan komitmen UOB Indonesia dalam menghadirkan solusi keuangan yang mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat, khususnya generasi dan keluarga muda. Kemitraan ini mencerminkan visi bersama untuk mendukung Nasabah kami dalam mengelola risiko dengan bijak, serta membangun fondasi keuangan yang kuat untuk masa depan yang lebih baik.”

Prudential Indonesia juga selalu mengedepankan kemudahan bagi Nasabah dalam memperoleh perlindungan diri. Nasabah yang ingin membeli polis PRUIncome Protection akan mendapatkan keuntungan proses underwriting yang mudah, hanya dengan menggunakan pernyataan kesehatan.

Berbekal pengalaman 29 tahun di Tanah Air, Prudential Indonesia selalu mendengarkan, memahami dan memberikan solusi produk perlindungan jiwa maupun kesehatan yang disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah. “Melalui PRUIncome Protection, Prudential Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya, yang akan melindungi dan mendampingi keluarga Indonesia melewati setiap fase kehidupannya. Dengan dukungan UOB Indonesia, kami berharap dapat mendukung Nasabah merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik sehingga memiliki ketahanan finansial yang kuat,” tutup Ivy.

***

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.

Hingga 31 Desember 2023, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam serta 345 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 96.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Corporate Communications Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance
Email: communications@prudential.co.id
Prudential Centre - Kota Kasablanka 17th Floor
Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia

Mengenai UOB Indonesia

UOB Indonesia merupakan anak perusahaan UOB yang merupakan bank terkemuka di Asia dengan jaringan global sekitar 500 kantor di 19 negara dan wilayah di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Utara. Didirikan pada tahun 1956 melalui PT Bank Buana Indonesia, PT Bank UOB Indonesia dibentuk setelah dilakukan merger dengan PT Bank UOB Buana. Hal ini menandai keberadaan UOB selama lebih dari satu dekade di Indonesia.

Jaringan layanan UOB Indonesia meliputi 42 kantor cabang, 73 kantor cabang pembantu, serta 129 ATM yang tersebar di 43 kota di 16 provinsi di Indonesia. Layanan perbankan UOB Indonesia dapat diakses melalui jaringan ATM regional, jaringan ATM Prima dan Bersama, serta jaringan Visa.

UOB Indonesia berkomitmen menawarkan produk-produk yang berkualitas serta layanan nasabah yang prima, dan juga berbagai produk dan layanan perbankan yang dikategorikan menjadi perbankan digital, layanan keuangan pribadi, perbankan bisnis, perbankan komersial, perbankan korporat, pasar global, dan manajemen investasi. UOB Indonesia mendapat peringkat AAA (idn) dari Fitch Ratings.

UOB Indonesia memiliki basis nasabah ritel yang kuat melalui berbagai macam produk tabungan, layanan hipotek, dan kartu kredit. Layanan perbankan UOB Indonesia juga dapat diakses di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand melalui ratusan ATM UOB.

Bank digital yang meraih penghargaan UOB yakni TMRW, melayani generasi nasabah Indonesia yang giat dan melek digital dengan menyediakan pengalaman perbankan yang lebih baik dan disesuaikan melalui penggunaan data dan masukan nasabah. Melalui TMRW, UOB Indonesia berkomitmen membantu nasabah mencapai tujuan keuangan, seraya membangun masa depan yang lebih baik.

UOB Indonesia juga menawarkan rangkaian lengkap produk korporat/komersial, termasuk berbagai produk dan layanan treasury serta pengelolaan kas. UOB Indonesia berfokus membantu perusahaan dalam rencana ekspansinya dan telah mendukung berbagai perusahaan dari berbagai industri seperti konstruksi, pertambangan, real estate, dan sektor jasa dalam ekspansi mereka ke Indonesia.

UOB Indonesia terus berdedikasi menjadi penyedia layanan keuangan yang bertanggung jawab dan berkomitmen membawa perubahan dalam kehidupan para pemangku kepentingan dan masyarakat tempat UOB Indonesia. UOB Indonesia juga berdedikasi membantu nasabah mengelola keuangan dengan bijaksana dan mengembangkan bisnisnya, serta teguh dalam mendukung pembangunan sosial, khususnya di bidang seni, anak-anak, dan pendidikan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai UOB Indonesia, silakan kunjungi www.uob.co.id