PRUCare Advisor dari Prudential Indonesia Jawab Tantangan Inflasi Medis dan Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Jakarta, 13 Januari 2025 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) selama lebih dari 29 tahun hadir di Indonesia dan berkomitmen untuk senantiasa berinovasi dalam perjalanannya. Prudential Indonesia membuka awal tahun 2025 dengan layanan kesehatan inovatif bagi nasabah melalui fasillitas PRUCare Advisor.

Fasilitas ini merupakan layanan tambahan bebas biaya bagi nasabah yang memilki produk asuransi kesehatan Prudential pada jenis produk/plan tertentu, yaitu berupa pendampingan virtual termasuk layanan opini medis dari para dokter spesialis global, pilihan perawatan yang sesuai, dokter dan rumah sakit, serta bantuan berkelanjutan selama dan setelah perawatan di Rumah Sakit, sehingga nasabah mendapatkan rekomendasi pemulihan kesehatan yang tepat.

Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer, Prudential Indonesia menyatakan bahwa langkah besar yang dilakukan Prudential Indonesia ini sebagai upaya menjawab kebutuhan nasabah yang seringkali memiliki kebingungan ketika sakit atau ketika memiliki diagnosis suatu penyakit, mulai dari menentukan diagnosis yang akurat hingga memastikan rencana perawatan yang sesuai termasuk menghitung berapa besar biaya yang akan dikeluarkan untuk seluruh proses medis yang harus mereka jalani. Melalui PRUCare Advisor nasabah Prudential bisa mendapatkan opini kedua terhadap kondisi medis yang dihadapi dari dokter yang berbeda, sehingga dapat mengambil keputusan tentang bagaimana nasabah melanjutkan rencana perawatan atas penyakitnya.

“Sebagai bagian dari komitmen kami untuk menjadi mitra dan pelindung bagi nasabah kami terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap nasabah, agar nasabah yang sedang sakit dapat fokus pada perawatan dan pemulihan yang dilakukan. Kami menyediakan fasilitas supaya nasabah tersebut dapat memiliki opsi untuk mendapatkan opini medis dari para dokter spesialis global, kami berharap nasabah mendapatkan informasi kesehatannya dengan lebih menyeluruh sehingga dapat mengambil solusi yang sesuai, sehingga nasabah mendapat ketenangan pikiran untuk segera pulih dan sehat. Hal ini sejalan dengan komitmen dan janji kami untuk nasabah bahwa “We CARE for You”,” ungkap Karin.

Tentunya dengan pendekatan customer-centric, PRUCare Advisor memberikan akses ke layanan opini medis dari dokter dan rumah sakit yang memiliki reputasi dan pengalaman yang dapat memberikan diagnosis yang lebih menyeluruh sehingga solusi perawatan dapat lebih sesuai yang mengurangi risiko overtreatment yang menjadi salah satu tantangan di industri kesehatan saat ini.  Dengan panduan medis yang lebih terstruktur, nasabah mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga tidak ada biaya atau tindakan medis yang berlebihan dan sia-sia.

Lebih lanjut, PRUCare Advisor juga menjadi salah satu opsi di tengah meningkatnya inflasi medis yang juga menjadi tantangan industri asuransi saat ini. Tercatat hingga Kuartal III/2024, rasio klaim kesehatan di industri asuransi jiwa kembali menembus 100% karena kenaikan signifikan pada klaim kesehatan, yang disebabkan oleh inflasi medis. Data ini didukung hasil survei Mercer Marsh Benefit yang baru mengeluarkan Health Trend Report 2025, di mana mereka memproyeksikan inflasi medis di Indonesia pada tahun 2025 dapat mencapai 19% jauh lebih tinggi dibandingkan inflasi umum yang diproyeksikan sebesar 2.6%. Angka ini meningkat dari proyeksi pada akhir tahun 2024 yang dapat mencapai 17,9%.

“Maka seiring dengan meningkatnya biaya kesehatan yang dapat berdampak pada tingkat pengeluaran kebutuhan masyarakat, serta mengurangi risiko overtreatment tersebut, PRUCare Advisor menjadi semakin relevan, karena layanan ini juga memberikan manfaat bagi nasabah di mana nasabah dapat mengelola limit/batas asuransi kesehatan yang dimilikinya,” ujarnya.

Nasabah yang memiliki produk asuransi kesehatan dari Prudential dapat mengakses layanan PRUCare Advisor sesuai dengan jenis produk dan plan yang dimiliki. Tentunya nasabah yang ingin menggunakan layanan ini juga harus sudah melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter terlebih dahulu, untuk mendapatkan diagnosa awal dan atas diagnosa tersebut nasabah merasa membutuhan opini medis kedua dari dokter yang berbeda, serta nasabah dalam kondisi sudah melakukan pemeriksaan dan memiliki data penunjang medis.

Sebagai penutup, Karin menegaskan bahwa PRUCare Advisor hadir untuk memberikan dampak positif terhadap sistem kesehatan nasional dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan pelindungan terbaik.

Informasi lebih lanjut untuk dapatkan pendampingan medis dan opini medis yang tepat, segera akses di PRUCare Advisor | Prudential Indonesia dan jalani 2025 dengan ketenangan pikiran serta semangat #SehatPangkalBisa.

***

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.

Hingga 31 Desember 2023, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 5 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan. serta 345 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 100.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Corporate Communications Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance
Email: communications@prudential.co.id
Prudential Centre - Kota Kasablanka 17th Floor
Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia